Selasa, 30 Maret 2010

2 Talentet nya


Lagu pembuka, “Crush”, memang tidak salah dijadikan single pertama. Dengan melodi yang catchy dan lirik yang cute and innocent but not shallow or cheesy, lagu ini berhasil menggambarkan kebingungan remaja dengan perasaannya terhadap orang yang ia suka, “Is it real or just another crush?”, cocok dengan Archuleta sendiri yang masih seorang remaja 17 tahun. Biar terdengar teen-pop, tapi lagu ini menunjukkan range vokal yang luas dari Archuleta, mulai dari nada-nada rendah pada verses, sampai falsetto pada bagian chorus.

Kemampuan falsetto kembali terlihat pada lagu kedua, “Touch My Hand” (dan juga hampir di semua lagu). Lagu ini masih terasa pop dengan beat yang membuat kita mengangguk-anggukan kepala, tetapi ditambah balutan rock dengan hentakan dan dentingan piano pada bagian chorus yang memberikan nuansa Coldplay. Ini yang membuat “Touch My Hand” sangat unik dan enak didengar. Lagu enak lainnya adalah “Barriers”, yang memiliki sentuhan Reggae. Bagian chorus yang dashyat plus “permainan nada” khas Archuleta membuat lagu ini menjadi salah satu favorit saya, walaupun kadang-kadang efek “echo”-nya memang sedikit mengganggu.

Salah satu highlight selain 3 lagu tadi adalah, “A Little Too Not Over You” yang ditulis oleh Archuleta sendiri bersama composer lainnya. Dengan beat dan back sound “e.. e.. e..” ala Akon membuat verses-nya terasa R&B. Tetapi pada bagian chorus lagu ini menjadi pop-rock 6/8 ala “Breakaway”-nya Kelly Clarkson, yang kebetulan memiliki penulis yang sama, yaitu Matthew Gerrard. Lagu ini juga menunjukan range vokal Archuleta (terutama di bagian bridge) dan dengan lirik yang lebih dalam daripada Crush, ALTNOY sangat tepat dijadikan single kedua.

Lagu-lagu ballad dalam album ini adalah tracks yang terkuat, karena menonjolkan kelebihan yang dimiliki Archuleta, yaitu suaranya sendiri. “You Can” dan “To Be With You” menawarkan musik yang minimalis dan akustik, sehingga memberi kita kesempatan untuk mendengar suara emas Archuleta dengan jelas. “You Can” dengan gitar dan drum yang menghanyutkan, “To Be With You” dengan piano dan strings yang bisa menguras air mata. Apalagi lirik kedua lagu ini sangat romantis yang pastinya akan meluluhkan hati banyak cewek (dan cowok) di dunia.